Obat dari dapur part 2 | semua resep ibu

Obat dari dapur part 2, menyambung tulisan saya obat dari dapur part 1 pada kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa bumbu dan bahan-bahan dari dapur yang dapat kita ambil manfaanya bagi kesehatan kita.


  • Kunyit ; peluruh haid, anti radang, senyawa caffeic acid pada kunyit mampu untuk melancarkan peredaran darah dan vital energi sehingga dapat merangsang semangat, mengurangi lelah dan anti kejang. Selain itu efek farmakologis yang dimiliki kunyit di antaranya menghilangkan sumbatan, meluruhkan kentut dan haid, anti radang (anti-imflamasi), mempermudah persalinan, anti bakteri dan memperlancar pengeluaran empedu (kolagogum).
  • Serei ; sebagai anemia dan mengobati insomnia, serei mempunyai sifat sedatif dan hipnotik sehingga dapat membantu menenangkan otot dan saraf dan menjaga kualitas dan waktu tidur Anda. Menjaga kolesterol serei mampu menjaga tingkat sehat triglycerides serta menurunkan kadar kolesterol LDL,
  • Jahe ; diare pada anak, mengatut tekanan darah, anti kanker, dalam jahe terdapat senyawa zingerone yang memberikan karakter sangat tajam dari jahe, senyawa tersebut sangat efektif terhadap bakteri Escheria Coli penyebab diare terutama pada anak. Dalam jahe juga terkandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga dan magnesium kesemuanya itu sangat membantu kinerja detak jantung dan tekanan darah.
  • Tepung beras ; anti penuaan dini, beras mengandung vitamin C, E dan B1 yang dapat membantu membuat pori-pori lebih kecil dan membuat kulit lebih putih. Beras kaya akan vitamin B kompleks yang merangsang pertumbuhan dan pembaruan sel, memperlambat penuaan dan meningkatkan suplai darah ke kulit.
  • Minyak goreng ; untuk luka bakar jika Anda terkena letupan minyak panas ketika menggoreng segera oleskan minyak bersuhu ruang ke bagian tubuh yang terkena minyak panas insyaAllah bagian yang tetkena minyak panas tadi tidak akan melepuh
  • Madu ; menyembuhkan luka atau sariawan, madu mengandung zat antioksidan dan hidrogen peroksida (H2O2) sebagai senyawa yang dapat menetralisir radikal bebas, senyawa tersebut sangat mendukung madu untuk digunakan sebagai bahan terapi tropikal pada luka melalui peningkatan jaringan granulasi dan kolagen serta periode epitelisasi secara segnifikan. Madu asli juga dapat digunakan untuk mengobati punting susu yang lecet akibat menyusui, caranya cukup oleskan madu asli diarea yang lecet atau terluka.
  • Minyak zaitun ; sebagai obat kolesterol, sembelit dan mengatur tekanan darah, kandungan omega - 9 pada minyak zaitun dapat mencapai pada membran sel dan merubah pola sinyal otak, sehingga dapat membuat tekanan darah agar tetap normal. Kadar lemak pada minyak zaitun adalah asam oleat (omega - 9) sekitar 75%, telah lama dibuktikan bahwa hal itu dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah dalam keadaan normal.
  • Cabai dan paprika merah ; sebagai imunologi meredakan gejala flu, cabai dan paprika mengandung vitamin C, yang mendukung fitokimia aktif terutama untuk sistem kekebalan tubuh. 

Sebenarnya masih banyak bumbu dapur yang mempunyai segudang manfaat, namun untuk kesempatan kali ini saya hanya dapat memberikan sedikit informasi ini, insyaAllah pada kesempatan yang lain akan saya sambung lagi. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: