Ovalet, tbm, sp, vx dan craem of tartar

Ovalet, Tbm dan Sp  

Penggunaan ovalet, tbm, dan sp sering kita jumpai pada resep - resep pembuatan cake. Baik untuk adona cake yang dipanggang atau dioven maupun adonan cake yang dikukus. Karena memiliki sifat yang sama jadi fungsi ketiga (ovalet, tbm dan sp) bahan tambahan kue tersebut dapat saling menggantikan.

Ovalet, tbm dan sp semua itu adalah merk dagang berbentuk pasta bewarna kuning yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda. Fungsi dari ketiga bahan itu (ovalet, tbm, dan sp) sama yaitu sebagai cake emulsilfer atau sebagai penstabil adonan ketika adonan dikocok sehingga cake yang dihasilkan menjadi lembut. Karena diproduksi oleh perusahaan yang berbeda maka kualitas ketiganya pun (ovalet, tbm dan sp) berbeda. 

Sifat Sp melembutkan tekstur adonan cake dan membuat adonan lebih menyatu. Sp tebuat dari gula ester, esternya terbuat dari asam lemak seperti asam steart, palmitic dan oleic. Untuk sp biasanya digunakan untuk pembuatan cake karena hasil pengocokan adonan lebih stabil sehingga cake yang dihasilkan akan lebih lembut dan mengembang.

VX
VX adalah bahan tambahan kue yang bersifat sebagai pelembut bukan pengembang. Komposisinya tebuat dari sodiom bikarbonat, sodium acid, picorofosfat, dan sari pati jagung. Anda dapat menambahkan VX dalam adonan untuk mendapatkan cake yang lebih lembut.

Cream of tartar
Bahan tambahan kue cream of tartar biasa digunakan untuk pembuatan chifon cake. Dalam pembuatan chifon cake pengocokan putih telur dipisah dengan kuning telur. Penambahan cream of tar-tar biasa ditambahkan pada saat pengocokan putih telur agar adonan putih telur menjadi stabil dan tidak mudah turun. Kandungan yang terdapat pada cream of tar-tar adalah garam potassium (kalium) dan asam tartaric.   

Untuk mengetahu manfaat bahan tambahan kue yang lainya silahkan lihat di sini. Semoga informasi yang saya berikan dapat memberikan manfaat. Selamat mencoba happy baking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ovalet, tbm, sp, vx dan craem of tartar "