Baking soda/soda kue dan baking powder

Baking soda/soda kue dan baking powder

Baking soda dan baking powder merupakan salah satu dari bahan tambahan dalam membuat kue. Keduanya termasuk dalam bahan pengembang atau leavening agent. Fungsi dari baking soda dan baking powder adalah mengembangkan kue. Hal ini terjadi karena adanya karbondioksida (CO2) yang
dihasilkan oleh baking soda dan baking powder. Berikut ini akan saya tuliskan perbedaan antara baking soda dan baking powder.



A. Baking soda/soda kue
Baking soda/soda kue terbuat dari sodium bikarbonat murni. Ketika baking soda bertemu dengan cairan atau bahan - bahan kue lain yang bersifat asam seperti cokelat, susu, keju, dan lain - lain, maka akan menimbulkan reaksi kimia menghasilkan karbondioksida yang akan membuat kue mengembang. Proses terjadinya gas karbondioksida ini ketika bercampur dengan adonan dan berlangsung dengan cepat. Oleh sebab itu proses pemanggangan kue harus segera dilakukan ketika adonan telah dicampur dengan baking soda/soda kue. Agar kue yang dihasilkan dapat mengembang dengan sempurna.

B. Baking powder
Baking powder terbuat dari sodium bikarbonat (soda kue) yang telah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan bahan pengering pati. Terdapat dua jenis baking powder. Yang pertama baking powder single acting, adonan kue mengembag ketika baking powder bercampur dengan bahan kue yang lain. Oleh sebab itu adonan harus segera dipangganng. Yang kedua baking powder double acting, adonan kue mengembang ketika baking powder bercampur dengan bahan kue yang lain. Akan tetapi hanya mengembang mayoritas kecil dan akan bereaksi mengembang sempurna ketika adoanan dipanggang atau suhu adonan meningkat. Oleh karena itu tidak masalah jika adonan menunggu untuk dipanggang.


Dalam pemggunaan baking soda dan baking powder keduanya mempunyai sifat yang sama yaitu membuat kue lebih mengembang dan enak. Hanya saja ada beberapa hal yang mesti di perhatikan, karena baking soda tidak mengandung zat asam maka gas yang dihasilkan tidak banyak dan mempunyai rasa getir dan agak pahit jika pengguaannya kurang tepat. Berbeda dengan baking powder yang sudah mempunyai kandungan asam sehingga menghasilkan gas yang lebih banyak dan mempunyai rasa yang lebih netral.

Semoga membawa manfaat sedikit pengetahuan tentang baking soda dan baking powder. Untuk mengenal lebih banyak pengertian mengenai bahan tambahan kue yang lain, silahkan Anda lihat di sini. Selamat mencoba, happy baking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baking soda/soda kue dan baking powder"