Mengenal peralatan yang dibutuhkan untuk membuat roti | Semua Resep Ibu

Untuk membuat roti pastinya kita akan membutuhkan beberapa peralatan, dengan adanya peralatan, pekerjaan kita dalam membuat roti nantinya tidak akan mengalami kesulitan. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan beberapa peralatan yang dibutuhkan dalambuat roti.

Berikut ini beberapa peralatan yang digunakan dalam membuat roti.




1. Timbangan
Timbangan digunakan untuk menimbang bahan roti atau adonan roti. Timbangan sangat dibutuhkan dalam pembuatan roti, karena jika komposisi bahan tidak tepat maka akan mempengarui kualitas roti, dan roti yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang diinginkan.
2. Gelas ukur
Gelas ukur ini digunakan untuk mengukur bahan baku yang berbentuk cair.
3. Mangkuk
Mangkuk digunakan sebagai tempat menaruh bahan atau adonan. Mangkuk ini ada beberapa ukuran mulai yang kecil sampai besar.
4. Mixer 
Mixer digunakan untuk mengaduk bahan sampai menjadi adonan roti.
5. Meja kerja 
Meja kerja digunakan untuk tempat persiapan bahan-bahan roti dan untuk membuat atau membentuk roti.
6. Rolling pin 
Rolling pin digunakan untuk menggilas atau memipihkan adonan roti. rolling pin walaupun hanya alat penipis adonan memili peranan penting dalam membuat bentuk roti. Dan dengan alat penipis ini tekstur/remah roti  lebih berserat halus.
7. Scrapper dough
Scrapper dough adalah alat yang terbuat dari plastik atau stenlis digunakan untuk memotong adonan agar menghasilkan potongan yang rata.
8. Pipping bag 
Pipping bag atau plastik segi tiga biasa digunakan untuk membantu dalam pemberian topping atau filling, jika diperlukan.
9. Loyang 
Loyang digunakan sebagai tempat untuk menaruh adonan roti untuk kemudian dipanggang.
10. Proof box 
Proof box adalah tempat peragian atau fermentasi (mengistirahatkan adonan) yang bersuhu panas dan lembab hal ini dapat membantu agar adonan tidak membentuk kerak tebal. Jika tidak ada alat ini dapat diganti dengan tray (baki) yang dialasi kain lembab.

Baca juga
11. Oven 
Oven digunakan untuk memanggang adonan roti menjadi roti yang matang dan siap di makan. Oven memainkan peranan besar dalam menentukan hasil akhir dari roti. Pastikan oven memiliki sistem parapian yang baik dan rata serta panas tidak cepat turun. Setiap oven memiliki sifat dan suhu tersendiri. Suhu yang diperlukan untuk memanggang roti manis pada umumnya 180 - 200 derajat C, dengan waktu (baking time) 12 - 15 menit.

Yang perlu diperhatikan;
  • Jika oven tidak terlalu panas, maka waktu yang digunakan untuk memanggang lebih lama, warna roti pucat, roti menjadi kering dan volume roti tidak terlalu besar.
  • JIka suhu oven terlalu panas, maka waktu memanggang singkat, roti cepat gosong, volume roti kurang dan khusus roti yang menggunakan topping, bentuk roti tidak kokoh, gepeng dan keriput.
jadi jangan putus asa perlu dibutuhkan kesabaran dan latihan khusus untuk dapat memanggang roti dengan baik dan mengenali sifat oven Anda. 
12. Alat pendukung lainnya 
Seperti kuas untuk memoleskan telur ke permukaan roti. Donut cutter untuk memotong adonan roti agar membentuk donat yang lebih rapi. Dan peralatan pendukung yang lain.


Semoga sedikit penjelasan mengenai peralatan apa saja yang diperlukan untuk membuat adonan roti hingga roti matang dan siap dimakan dapat membantu Anda agar lebih dapat berkreasi di dapur. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengenal peralatan yang dibutuhkan untuk membuat roti | Semua Resep Ibu"

Unknown said...

woww membuat superroti ya bak hhe:D

Carsa said...

Banyak juga peralatan pembuatan rotinya