Jenis dan manfaat susu dalam pembuatan roti

Jenis dan manfaat susu dalam pembuatan roti

Manafaat susu dalam pembuatan roti adalah untuk meningkatakan kandungan gizi pada roti, kandungan protein susu (pritein kasein) dan gula laktosa memiliki sifat yang sama yaitu membreri warna pada kulit roti. Disamping itu manfaat susu dalam pembuatan roti dapat menambah cita rasa dan aroma.

Manfaat kalsium pada susu dapat menguatkan struktur gluten pada roti sehingga struktur roti menjadi lebih baik. jenis susu yang cocok untuk pembuatan roti adalah susu bubuk skim atau non fat. untuk mendapat rasa susu yang menonjol pada roti persentasi dalam resep roti harus lebih dari 3%. Akan tetapi penambahan susu yang belebihan dapat menghambat proses fermentasi (effect buffer).



Berikut beberapa jenis susu yang berada dipasaran
  1. Susu pasteurisasi (bebas kuman) didapatkan dengan proses pemanasan sampai 80C.
  2. Susu sertilisasi didapatkan dengan proses pemanasan 100C.
  3. Concentrated milk berbentuk pekat atau kental. Jenis susu ini dihasilkan melalui dua teknik                                                                                    + Condensed, susu diuapkan sampai kandungan air dalam susu berkurang    dan menjadi kental, kemudian ditambah dengan gula.                                 +Evaporited,susu diuapkan sampai kandungan air dalam susu berkurang    dan menjadi kental.
  4. Milk powder adalah susu yang dipanaskan sampai kandungan air didalam susu  menguap dan yang tertinggal hanya berupa serbuk.
  5. Cream disebut juga dengan kepala susu atau lemak yang didapat dari pengolahan susu dengan kandungan lemak sampai 35%.
Beberapa jenis susu bubuk
  • ful cream mengandungan lemak mencapai 100%.
  • Half cream mengandungan lemak 50%.
  • Skimmed mengandung lemak 10%.
  • Wey powder adalah sisa dari pembuatan susu bubuk. 
Beberapa jenis cream
  • Siggle cream adalah cairan kental susu yang biasa dipakai untuk membuat suo atau saus yang dimasak.
  • Double cream adalah cairan kental susu yang mengandung lemak lebih tinggi. biasanya dipakai untuk pembuatan cake dengan cara pengocokan terlebih dahulu.
 Manfaat susu dalam pembuatan adonan roti adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan daya penyerapan (absorsi).
  2. Manfaat susu dalam pembuatan roti memperkuat adonan dengan memperkuat protein dalam tepung.
  3. Manfat susu mampu menambah toleransi dalam peragian sehingga adonan lebih mengembang.
  4. Toleransi pengadukan lebih lama.
  5. Laktosa dan kasein (zat keju) yang ada dalam susu kering dapat bermanfaat dalam menghasilkan kerak dengan warna kekuningan dan mempertinggi mutu pemanggangan.
  6. Butiran dan susunan remah dalam roti lebih baik.
  7. Manfaat susu mampu Mempertinggi volume pada roti. 
  8. Manfaat susu yang lain dalam pembuatan roti adalah Roti dapat disimpan lebih baik dengan mempertahankan kelembutan pada roti. 

itulah tadi sedikit pengetahuan tentang jenis dan manfaat susu dalam pembuatn roti. Semoga dapat membawa manfaat bagi Anda dalm pembutan roti.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis dan manfaat susu dalam pembuatan roti"