Obat dari dapur part 1 | semua resep ibu

Obat dari dapur, selain berfungsi sebagai bumbu dan bahan untuk memasak, dapat juga berfungsi sebagai obat, selain aman bagi tubuh karena tidak terkandung bahan kimia buatan obat dari dapur juga praktis karena tidak usa repot-repot untuk pergi ke apotek. Jadi wajib dicoba ya sahabat "semua resep ibu" jika perlu bookmark halaman ini.




  • Bawang merah : Dapat digunakan sebagai penurun demam atau panas terutama bagi balita atau anak-anak. Dalam bawang merah mengandung senyawa flovonoid dan  flavonol fungsi dari flavonoid untuk menghambat inflamasi sedangkan panas itu sendiri gejala dari inflamasi dan flavonol termasuk antibiotik alami. Caranya ambil 2 siung bawang merah, kupas kulitnya, parut, kemudian campur dengan minyak kelapa atau minyak sayur atau minyak goreng  (bersih) campur jadi satu, dan balurkan ke tubuh anak terutama pada bagian ubun-ubun atau kening, punggung, perut dan bagian-bagian tubuh yang terasa panas.
  • Pala : susah tidur atau insomnia gunakan bubuk pala yang dicampur dengan susu dan minum sebelum tidur. Dalam biji pala mengandung senyawa emisilin dan miritisin yang bersifat memabukkan, jadi cukup sedikit saja dalam menambahkan bubuk pala ke dalam susu, dan biasanya sebagian orang menggunakan biji pala sebagai obat sakit kepala.
  • Daun kemangi : Menghilangkan bau badan dan bau mulut dengan cara cukup daun kemangi dimakan sebagai lalap. Sedangkan untuk mengobati ejakulasi dini(prematur), peluruh haid, peluruh asi, panas dalam dan sariawan dengan cara rebus daun kemangi segar atau kering sebanyak 15 gr direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit , dan minum 1/2 gelas dua kali sehari. Dalam kemangi mengandung Arginie dan asam aspartat.
  • Kayu manis : Untuk mengobati diabetes dan kolesterol. Dalam kayu manis mengandung senyawa PTP1B yang berkerja mengaktifkan sel beta di pankreas yang berfungsi menghasilkan hormon insulin. Insulin sendiri berfungsi untuk membuka pintu sel darah merah sehingga gula dapat masuk dan diubah menjadi energi sehingga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes. Rebus kayu manis sebanyak 3-4 batang kayu manis sebesar jari telunjuk dengan 1 liter air sampai air rebusan berwarna merah hingga menjadi 2 gelas. Minum air rebusan setiap pagi atau sore. Dalam kayu manis mengandung senyawa sinamaldehid turunan dari senyawa fenol yang bersifat melunturkan kolesterol yang menempel pada pembulu darah arteri.
  • Garam kasar : merawat kulit pecah-pecah pada tumit garam kasar atau kita mengenalnya garam krosak bagus untuk tumit yang pecah-pecah dan melembabkan kulit yang kering. kulit di bagian siku dan lutut yang umumnya kasar juga dapat dilembutkan menggunakan garam kasar. Caranya campur ½ cangkir garam kasar dengan ½ cangkir air. Haluskan dengan blender hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta garam pada bagian kulit yang kering sambil di pijat-pijat hingga pasta terasa kering, diamkan sesaat , bilas dengan air hingga bersih.
  • Mentimun : gangguan pencernaan dan lambung kulit mentimun mengandung serar makanan yang tinggi sehingga dapat membantu untuk mengurangi gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus. Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jus mentimun. Enzim yang disebut erepsin dalam mentimun juga membantu dalam pencernaan protein.
  • Cuka : membunuh jamur kuku musim panas biasanya menyebabkan kuku kaki terlihat kusam dan berjamur. Hal ini dikarenakan Ragi tumbuh subur dilingkungan yang hangat. Jadi sebaiknya rendam kaki dalam campuran cuka dan air dengan perbandingan  1 : 1 selama dua kali sehari. Cuka mampu membunih jamur dan menghilangkan noda di bawah kuku.
  • Es batu : kurangi memar gunakan es batu yang telah dibungkus dengan kain / handuk bersih sebagai kompres ketika terjadi kecelakaan karena dinginnya es batu akan  menghentikan pendarahan dan dan peradangan pada pembuluh darah yang terluka.
Itulah tadi sedikit informasi mengenai bahan dapur yang dapat kita gunakan sebagai obat. Semoga bermanfaat.

Baca juga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita
Manfaat ubi jalar bagi kesehatan
Manfaat kecambah bagi kesehatan
Manfaat jeruk lemon bagi kecantikan

Subscribe to receive free email updates: