Kecelakaan kecil yang sering terjadi di dapur dan cara mengatasinya | Semua Resep Ibu



Pertolongan pertama pada kecelakaan kecil di dapur, sering kita jumpai beberapa kecelakaan kecil yang terjadi di dapur kita, terutama ketika kegiatan masak memasak sedang berlangsung. Anda harus tanggap terhadap kecelakaan-kecelakaan kecil yang terjadi didapur agar luka yang ditimbulkan tidak bertambah parah, apalagi sampai terjadi infeksi.

 



Kecelakaan kecil apa saja yang dapat terjadi di dapur dan hal-hal / pertolongan apa saja yang dapat kita lakukan:

a.Terkena pisau ketika mengiris bahan masakan

Segera basuh jari yang teriris dengan air mengalir, jika perlu gunakan antiseptik agar tidak ada kuman/bakteri yang masuk, tekan jari yang teriris dengan jari yang lain, tekan dengan kuat dan angkat jari yang terluka lebih tinggi dari jantung, hal ini dilakukan agar darah tidak terlalu banyak yang keluar. Jika luka irisan terlalu besar, Anda dapat membalut luka tersebut dengan kain kasa.

b. Terkena letupan minyak panas ketika menggoreng,
Hal ini biasa terjadi ketika kita menggoreng ikan, cabe atau bahan-bahan yang lain. Jika Anda terkena letupan minyak panas ketika menggoreng,Anda dapat mengoleskan minyak yang dingin (suhu ruang) ke bagian tubuh yang tekena minyak panas tadi. Hal ini lebih efektif dari pada Anda memberikan air dingin atau tepung ke bagian yang terkena minyak. Saya telah membuktikannya sendiri, dengan menggunakan minyak goreng dingin (suhu ruang) bagian yang terluka tersebut tidak akan melepuh.

c. Wajan yang penuh dengan minyak panas tebakar,
Hal ini dapat terjadi jika, Anda lupa mematikan kompor setelah Anda menggoreng sesuatu, karena suhu minyak goreng yang terlalu panas dapat menyebabkan minyak terbakar. JANGAN SEKALI-KALI MENYIRAM DENGAN AIR, MINYAK GORENG YANG SEDANG TERBAKAR. Anda dapat menggunakan pemadam kebakaran yang berupa serbuk, atau jika tidak ada. Anda dapat menggunakan karung goni basah atau kain lap basah (usahakan menggunakan kain lap tebal) kemudian tutupkan di atas wajan yang sedang terbakar tadi.

Baca juga


d. Kebocoran gas LPG
Anda dapat mengetahui kebocoran gas LPG dengan mencium udara disekitar. Jika terjadi kebocoran gas LPG yang pertama kali Anda lakukan adalah JANGAN PANIK, jangan menyalakan api/kompor jangan menyalakan/mematikan aliran listrik. Kemudian cari sumber kebocoran gas LPG. Lepaskan regulator dari tabung LPG, jika kebocoran terjadi pada tabung LPG segera bawa tabung LPG ditempat terbuka/keluarkan dari dalam rumah dan buka semua jendela dan pintu, agar udara dapat mengalir dengan bebas.

Jika selang kompor sudah terbakar jangan panik segera lepas regulator dari tabung, jika takut dengan apinya, ambil kain lap basah/karung goni basah dan tutupkan pada api yang membakar selang. 
Untuk menghindari kebocoran gas LPG, periksalah kondisi selang, regulator dan kompor secara berkala.

Semoga sedikit pengetahuan mengenai kecelakaan kecil yang sering terjadi ketika kita beraktifitas di dapur, dapat membantu Anda. Semoga bermanfaat.


Baca juga


 

Subscribe to receive free email updates: