Makanan yang dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh ~ Semua Resep Ibu

Imunitas atau kekebalan adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas, organisme akan melindungi tubuh dari infeksi, bakteri, virus sampai cacing parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi seperti biasa.

Banyak sekali cara untuk meningkatkan kekuatan sistem imun dalam tubuh kita, selain melakukan pola hidup sehat, memilih asupan makanan yang sehat juga dapat meningkatkan kekuatan sistem imun dalam tubuh. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan sistem imun/sistem kekebalan tubuh kita.

BUAH LEMON


Kandungan Vitamin C yang tinggi mampu meningkatkan kekuatan sistem imun dalam tubuh kita, sehingga tubuh mampu melawan berbagai macam bahaya bakteri dan virus. Selain itu Lemon juga bemanfaat sebagai detoksifikasi alami yang dapat membantu membersihkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh kita melalui urin. Tidak hanya itu saja, untuk mengetahui manfaat lain dari lemon dapat Anda lihat di sini.
Baca juga manfaat lemon bagi kecantikan
                 manfaat minum air lemon bagi kesehatan


BAWANG PUTIH  


Bawang putih mengandung sejumlah antioksidan yang berguna bagi sistem imun dalam tubuh kita dalam menghadapi berbagai macam jenis penyakit, terutama virus penyebab flu.
Bawang putih  mengandung allicin, yang berperan sebagai antivirus dan anti bakteri. Bawang putih juga sangat berguna untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman penyakit.


SEMANGKA


Selain mengandung banyak air, Buah semangka mengandung antioksidan dan gluthatione yang tinggi. Glutatione sendiri membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh/sitem imun sehingga mampu memerangi infeksi.


KACANG TANAH

Kandungan protein yang tinggi pada kacang tanah bahkan lebih tinggi dari daging, telur dan kedelai sehingga dapat meningkatkan kekuatan sistem imun. Tiga asam amino: Arginine, glutamine dan histidin (yang terdapat dalam protein) merupakan pemain penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh manusia (Antibodi tubuh: sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit dari luar, Virus ataupun bakteri).


BUAH BERRY



vitamin C dan bioflavonoid yang terkandung dalam aneka buah berry tersebut sangat baik untuk antioksidan karena dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel dalam tubuh.


YOGHRUT


Probiotik atau strain hidup juga ditemukan dalam yoghurt, yaitu bakteri baik yang bermanfaat untuk menjaga usus dan saluran usus bebas dari kuman penyebab penyakit. Sebuah penelitian dari University of Vienna di Austria menemukan bahwa 7 ons yoghurt akan meningkatkan imunitas sama efektifnya dengan suplemen. Fungsi lain dari yoghurt adalah meningkatkan jumlah sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi.



Pada intinya semua jenis makanan yang alami dan masih segar terutama beragam buah dan sayur mampu meningkatkan kekuatan sistem imunitas dalam tubuh kita, karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral serta kandungan senyawa kimia yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan yang dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh ~ Semua Resep Ibu"