Resep bakpao sederhana ~ Semua resep ibu

Assalamualaikum.....
Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan resep bakpao sederhana, kenapa saya namakan resep bakpao sederhana?....
Pada dasarnya saya menggunakan resep yang hampir sama dengan pembuatan roti tawar, hanya saja untuk proses pemasakannya jika roti tawar melalui proses pemanggangan sedangkan bakpao melalui proses pengukusan.
Karena si kecil pengen bikin roti padahal cuma ada bahan seadanya, yo wes lah.... langsung aja bikin bakpao sederhana. 

Untuk isian bakpao sendiri saya hanya menggunakan meses coklat, jadi gak sebegitu ribet. Hanya saja jika menggunakan meses  ketika bakpaou usdah dingin, mesesnya berubah menjadi beku juga, namun jika menikmati bakpao pas masih dalam kondisi hangat, isian mesesnya jadi lumer. Yuk langsung saja dilihat resep bakpaonya...


Bakpao sederhana



Resep bakpao sederhana
Bahan
  • 100 ml air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan, pastikan ragi instan masih aktif
  • 1 butir telur utuh
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 45 gram margarin/mentega jika menggunakan mentega tawar bisa ditambahkan 3/4 sdt garam 
  • meses secukupnya untuk isian


Cara Membuat
  1. Pastikan ragi instan Anda aktif, Campur ragi instan dengan menggunakan sedikit air hangat  yang telah dicampur dengan sedikit gula aduk hingga ragi instan larut (air dan gula diambil sebagian dari resep). Untuk suhu airnya cukup hangat cenderung dingin ya, jika air hangatnya kepanasan, ragi instannya dapat menjadi tidak aktif. Tunggu beberapa saat, jika campuran ragi tadi sudah mengembang naik, tanda ragi instan masih aktif dan dapat digunakan.
  2. Jika Ragi telah dipastiakan telah aktif, Campur air, susu bubuk, gula pasir dan ragi instan dalam satu wadah aduk rata, jika telah rata masukkan telur kocok sampai rata.
  3. Berikutnya masukkan tepung terigu, uleni hingga stengah kalis, kemudian masukkan margarin, uleni adonan hingga kalis elastis (jika adonan direntangkan tidak mudah robek).
  4. Setelah adonan roti kalis, bulatkan adonan, tutupi adonan dengan plastik wrap/kantong plastik, diamkan hingga adonan mengembang 2 kali lipat.Untuk waktu fermentasi bisa memakan waktu antara 45 menit sampai 1 jam tergantung kualitas ragi dan suhu ruangan.
  5. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dan bagi adonan menjadi 10 bagian atau sesuai selera.
  6. Ambil satu bagian adona pipihkan, kemudian masukkan meses sebagai isian, tutup kembali dan bulatkan adonan.lakukan hingga adonan habis.
  7. Diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat. Setelah itubakpao siap di kukus. Kukus bakpao selama kurang lebih 15 menit.
  8. Angkat bakpao, angin-anginkan. Bakpao siap dinikmati saat hangat.
 

Untuk isian bakpao, bisa di isi sesui dengan selera, saya menggunakan meses karena praktis, ketika saat bakpao masih dalam keadaan hangat, mesesnya akan lumer membentuk seperti coklat pasta namun jika bakpao sudah mualai dingin  isian meses akan berubah seperti semula (gak lumer). Jadi saya sarankan ketika ingin menyantap bakpao lebih baik dalam kaedaan hangat. Anda dapat memasukkan bakpao dalam magicom jika bakpao sudah mulai dingin, sehingga isian mesesnya tetap lumer.

Untuk penggunaan margarin juga dapat diganti dengan minyak goreng dengan takaran kurang lebih 3 sendok makan, hasilnya juga gak akan jauh berbeda dengan menggunakan margarin. Bagi Anda yang tidak suka dengan telur atau alergi dengan telur juga dapat menggantinya dengan menambahkan takaran air, dikira-kira saja kurang lebih nambah 50-60 ml, dan juga dapat ditambahkan sp atau ovalet (cake emusilfer) sebanyak 1 sendok teh. Fungsi sp atau ovalet di sini adalah untuk melembutkan tekstur adonan bakpao, namun jika tidak ada sp atau ovalet boleh juga di skip.

Demikian resep bakpao sederhana semoga dapat bermanfaat, Happy baking!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep bakpao sederhana ~ Semua resep ibu"