Resep roti tawar susu, lembut gak pake mixer ~ semua resep ibu

Assalamualaikum.....
Resep roti tawar susu ini sangat lembut meskipun mengaduk adonannya tidak menggunakna mixer, namun perlu sedikit tenaga extra dalam menguleni adonan. Waktu untuk menguleni adonan diperlukan waktu sekitar 15-17 menit.
Pastikan dalam pembuatan roti tawar susu menggunakan tepung terigu protein tinggi misalnya merk cakra kembar. Karena hasil roti yang dihasilkan akan berbeda jika menggunakn tepung terigu yang berprotein sedang atau rendah. Dan yang tidak kalah penting gunakan ragi instan yang masih aktif ya...

Langsung aj dilihat resep Roti tawar susunya.....

Roti tawar susu



Resep roti tawar susu
Bahan
  • 100 ml susu cair atau air
  • 4 sendok makan susu bubuk, jika menggunakan susu cair boleh di skip
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan, pastikan ragi instan masih aktif
  • 1 butir telur utuh
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 45 gram margarin/mentega jika menggunakan mentega tawar bisa ditambahkan 3/4 sdt garam 

Cara Membuat
  1. Pastikan ragi instan Anda aktif, Campur ragi instan dengan menggunakan sedikit air hangat  yang telah dicampur dengan sedikit gula aduk hingga ragi instan larut (air dan gula diambil sebagian dari resep). Untuk suhu airnya cukup hangat cenderung dingin ya, jika air hangatnya kepanasan, ragi instannya dapat menjadi tidak aktif. Tunggu beberapa saat, jika campuran ragi tadi sudah mengembang naik, tanda ragi instan masih aktif dan dapat digunakan.
  2. Jika Ragi telah dipastiakan telah aktif, Campur air, susu bubuk, gula pasir dan ragi instan dalam satu wadah aduk rata, jika telah rata masukkan telur kocok sampai rata.
  3. Berikutnya masukkan tepung terigu, uleni hingga stengah kalis, kemudian masukkan margarin, uleni adonan hingga kalis elastis (jika adonan direntangkan tidak mudah robek).
  4. Setelah adonan roti kalis, bulatkan adonan, tutupi adonan dengan plastik wrap/kantong plastik, diamkan hingga adonan mengembang 2 kali lipat.Untuk waktu fermentasi bisa memakan waktu antara 45 menit sampai 1 jam tergantung kualitas ragi dan suhu ruangan.
  5. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dan bagi adonan menjadi 10 bagian atau sesuai selera.
  6. Ambil satu bagian adona pipihkan menggunakan rolling pin atau botol, kemudian gulung dan tata di dalam loyang yang telah diolesi oleh minyak goreng atau margarin. lakukan hingga adonan habis.
  7. Diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat. Setelah itu panggang dalam oven dengan suhu 200℃ Hingga matang, bagian atas roti berwarna kuning kecoklatan. Waktu pemnaggangan kurang lebih 10-15 menit tergantung sifat masing-masing oven.
  8. Setelah roti tawar susu telah matang, dalam kadaan masig panas olesi bagian atas roti tawar dengan margarin. 
  9. Roti tawar siap di nikmati.




Dalam Pembuatan roti tawar susu ini, dapat dikreasikan dengan menambahkan isian dalam adonan roti tawar, untuk isiannya pun dapat beraneka rasa seperti coklat pasta, keju atau selai buah tergantung selera masing-masing. Untuk proses pemanggangan jika Anda menggunakan oven tangkring sebaiknya menggunakan api sedang cenderung besar dengna waktu kisaran 10 - 15 menit. Atau sampai warna roti bagian atas menjadi kuning kecoklatan.

Demikian resep roti tawar susu tanpa mixer semoga bermanfaat, happy baking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep roti tawar susu, lembut gak pake mixer ~ semua resep ibu"