Agar-agar ceria

Agar-agar ceria, begitu saya menyebutnya karena mempunyai banyak warna. Pertama saya membuat agar-agar ceria ini ketika ada acara tasyakuran pernikahan kakak saya resepnya saya dapat dari tetangga saya.

Sangat mudah dan simple dalam pembuatan agar-agar ceria ini ini dan bahannya mudah didapat. Dalam resep kali ini saya menggunakan santan untuk mendapatkan warna putihnya
Tapi jika Anda tidak menyukai santan Anda dapat menggantinya dengan susu putih.

Agar-agar ceria


Bahan agar-agar ceria
  • 3 bungkus agar-agar Tanpa warna
  • 1600 ml santan
  • 800 ml air
  • 500 gr gula pasir
  • Pewarna makanan  warna warni masing-masing satu tetes.
  • Sedikit garam kurang lebih 1/2 sdt 
  • 2 lembar daun pandan wangi
Cara membuat agar-agar ceria
  • Masak agar agar satu bungkus dengan 800 ml air  tambahkan gula 180 gr(gula dapat ditambah atau dikurangi sesuai selera), masak hingga mendidih dan angkat, sisihkan.
  • Siapkan beberapa piring, beri setiap piring dengan warna yang berbeda.
  • Bagi dan tuang agar-agar yang telah dimasak ke dalam masing-masing piring yang telah diberi pewarna. Sisihkan.
  • Tunggu hingga agar-agar dingin dan mengeras, kemudian iris tipis memanjang, sisihkan.
  • Tata dengan warna berselang-seling dalam dasar loyang/wadah yang telah disiapkan.
  • Masak 2 bungkus agar-agar bersama dengan santan daun pandan, gula 320 gr (gula dapat ditambah atau dikurangi sesuai selera) dan garam hingga matang, kemudian matikan kompor dan angkat. Sambil terus diaduk-aduk, supaya agar-agar tidak pecah.
  • Aduk terus agar-agar supaya santan tidak pecah, setelah suhu agak turun/dingin tetapi agar-agar masih dalam keadaan encer, sambil terus diaduk tuang sedikit dengan perlahan ke dalam loyang yang telah ditata dengan agar-agar warna-warni.
  • Tuang agar-agar santan kedalam loyang dengan perlahan sambil diaduk.
  • Tata sebagian agar-agar warna warni diatas agar-agar santan, biarkan dingin dan mengeras.
  • Setelah mengeras, potong-potong sesuai selera, agar-agar dapat disajikan.
Sedikit tips dari saya, biasanya saya menggunakan air kelapa untuk memeras kelapa parut, agar mendapatkan rasa yang lebih berasa kelapanya. Dan setelah agar-agar ceria dingin anda dapat menyimpannya dalam lemari es karena akan lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan dingin. Selamat mencoba resep agar-agar ceria dari saya. Untuk meluhat resep puding yang lain dapat dilihat di sini. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: