Cake karamel


Cake karamel atau yang sering disebut kue sarang semut, memiliki karakter kue yang berserat - serat disetiap bagian kuenya. Gak pernah bosan bikin cake karamel, selain bahanya mudah didapat cara pembuatan cake karamel - nyapun sangat mudah tidak perlu menggunakan mixer, cukup cengan wishker/garpu saja, aduk - aduk trus panggang.

Ketika saya masih kecil ibu sering sekali membuat cake karamel, hanya saja kue yang dihasilkan kurang berserat banyak. Oeh sebab itu sekarang saya sering mencoba beberapa resep baru yang dapat membuat cake karamel mempunyai banyak sarang. Dan akhirnya pencarian resep saya terpaku pada resep yang saya tulis dalam blog ini.

Resep cake karamel



Bahan cake kramel
  • 200 gram gula
  • 200 ml air panas
  • 80 gram tepung terigu
  • 20 gram maizena
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 3 butir telur
  • 50 gram margarin aduk dengan garpu sampai lembut
  • 75 ml susu kental manis boleh coklat atau putih
Cara membuat cake karamel
  1. Siapkan loyang tulban (loyang yang bagian tengahnya bolong) olesi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu. 
  2. Panaskan gula dengan wajan yang tebal dengan menggunakan api kecil agar tidak mudah gosong, sampai hancur dan berwarna coklat. Tuangi dengan air panas rebus sampai karamel larut. Ukur kembali sampai 250 ml, sisihkan.
  3. Campur tepung terigu, maizena, soda kue, baking powder dan garam aduk rata dan ayak, masukkan dalam wadah atau baskom.
  4. Masukkan telur dan air karamel ke dalam tepung terigu secara bergantian sambil diaduk - aduk terus menggunakan wishker atau garpu. Dalam tiga tahap. Aduk sampai rata dan licin
  5. Masukkan margarin dan aduk sampai rata, menyusul masukkan susu kental manis. Aduk rata, adonan akan terlihat margarin bergerindil kecil-kecil dan encer.
  6. Tuang adonan kedalam loyang kemudian oven.
  7. Selama proses pemanggangan odonan akan meletup-meletup (blukutuk-blukutuk dalam bahasa jawa) tanda adonan belum matang.
  8. Jika adonan sudah tidak meletup - meletup tanda adonan sudah hampir matang. Tes tusuk adonan kue karamel jika sudah tidak lengket tanda sudah matang.
  9. Jika adonan sudah matang keluarkan dari oven, Jika ingin mengeluarkan adonan dari dalam loyang tunggu sampai kue karamel dalam keadaan hangat. Jika masih dalam keadaan panas kue masih terlalu rapuh untuk dikeluarkan dari loyang, takutnya malah patah. 
Mudahkan cara pembuatan cake karamel dari saya dan InsyaAllah akan bersarng banyak dan rasanya tidak getir. Untuk melihat resep cake yang lain Anda dapat melihat  di sini. Selamat mencoba happy baking. 

baca juga
resep bolu karamel atau sarang semut


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cake karamel"