Manfaat putih telur bagi kesehatan dan kecantikan semua resep ibu

KANDUNGAN ZAT GIZI PADA PUTIH TELUR
Kandungan zat gizi pada putih telur antara lain air 88%, karbohidrat 0,8%,  protein 10,5%, vitamin dan mineral. Putih telur tidak mengandung lemak, seluruh kandungan lemak hanya terdapat pada bagian kuning telur.

Protein pada putih telur terdiri dari ovalbumin, conalbumin atau ovotransferin,  ovomucin, aviudin, Ovo globulin, ovoinhibitor dan flavoprotein Selain itu putih telur juga mengandung asam amino.

dari tabel komposisi asam amino terlihat bahwa Putri telur memiliki asam amino esensial yang ideal nyaris sempurna memenuhi kebutuhan tubuh tidak heran bila telur dijadikan sebagai tolak ukur bagi sumber protein lainnya.

Kandungan vitamin putih telur bervariasi tergantung pada jenis makanan yang diberikan pada ternak.
Vitamin larut lemak seperti A D E dan K tidak terdapat pada putih telur di dalam putih telur hanya terdapat vitamin larut air yaitu vitamin B dan tidak mengandung vitamin C.
Putih telur merupakan sumber mineral yang sangat istimewa dan lengkap mineral tersebut antara lain zat besi fosfor kalsium sodium dan magnesium.
Sama halnya dengan vitamin, tinggi rendahnya kandungan masing-masing mineral dipengaruhi oleh pakan ternak yang diberikan.
Selain zat gizi ternyata putih telur juga mengandung zat-zat anti gizi Dan Racun diantaranya avidin flavoprotein dan sebagainya, zat-zat tersebut dapat menghambat penyerapan vitamin bahkan berpotensi racun bila dikonsumsi banyak dan tidak dimasak masakan putih telur akan mematikan racun.

Manfaat putih telur tidak usah diragukan lagi selain dapat digunakan dalam berbagai olahan masakan dan kue putih telur juga bermanfaat bagi kesehatan Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan pada putih telur di antaranya.

MENCEGAH PENYAKIT KARDIOVASKULAR
Tingginya kandungan asam folat pada putih telur dapat mengubah cystein menjadi di metionin, yang diperlukan dalam berbagai reaksi biologis.
Bila tubuh kekurangan asam folat maka perubahan tersebut tidak terjadi akibatnya sistem tubuh meningkat.
 Berdasarkan beberapa penelitian kenaikan cysteine dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

MENCEGAH ALZHEIMER DAN DEMENSIA.
Konsumsi putih telur dapat meningkatkan asam folat dan vitamin B12.
 Penyakit Alzheimer memiliki hubungan yang erat dengan kandungan homosistein dan vitamin B12 dalam tubuh.
 Kandungan vitamin B12 dalam plasma darah yang rendah kurang dari 150 mol per liter atau kandungan folat plasma yang rendah kurang dari mol per liter dapat melipatgandakan risiko alzheimer dan demensia atau kepikunan.

MEMELIHARA INTEGRITAS MEMBRAN SEL
Integritas struktural membran sel terutama sel otak sangat dipengaruhi oleh komposisinya.
Komposisi membran sel yang utama terdiri dari fosfolipida, fosfatidilkolin dan spingomyelin.
Dalam hal ini Collins yang ada pada putih telur berperan sebagai prekursor dalam sintesis ketiga komponen utama tersebut.

MENCEGAH KERUSAKAN HATI
Kolin sebagai prekursor fosfatidilkolin merupakan komponen VLDL (Very low density lipoprotein).
VLDL akan memudahkan transportasi lipida atau lemak dan kolesterol dari hati. Apabila suplai Collins tidak seimbang VLDL tidak dapat disintesis dan lipida akan terakumulasi dalam hati menyebabkan kematian sel-sel hati secara cepat akibat apoptosis.

MENINGKATKAN DAN MEMPERKUAT OTOT
Fungsi ini didapat karena kandungan protein putih telur cukup tinggi.
Peningkatan dan kekuatan otot hanya mungkin didapat apabila tersedia cukup protein sumber amino.
Kolagen merupakan protein utama otot, urat dan jaringan ikat.
Flooring dan miosin merupakan protein lain yang terdapat di dalam otot-otot.
Itulah sebabnya para atlet binaraga banyak mengkonsumsi putih telur dalam jumlah banyak agar otot ototnya terbentuk dengan baik.

MENINGKATKAN IMUNITAS ATAU ANTIBODI TUBUH
Kemampuan tubuh untuk melakukan detoksifikasi atau membuang bahan tidak dipakai atau racun dalam tubuh dikontrol oleh enzim-enzim terutama enzim dalam hati.
Protein merupakan komponen utama penyusun enzim tubuh termasuk protein dalam telur.


  • Demikian sedikit penjelasan manfaat putih telur bagi kesehatan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua resep ibu, jadi setelah mengetahui manfaat putih telur Semoga kita tidak ragu untuk memasukkan putih telur ke dalam menu harian kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat putih telur bagi kesehatan dan kecantikan semua resep ibu"