Kandungan gizi pada putih telur serta manfaatnya bagi kecantikan, semua resep ibu

KANDUNGAN ZAT GIZI PADA PUTIH TELUR
Kandungan zat gizi pada putih telur antara lain air 88%, karbohidrat 0,8%,  protein 10,5%, vitamin dan mineral. Putih telur tidak mengandung lemak, seluruh kandungan lemak hanya terdapat pada bagian kuning telur.

Protein pada putih telur terdiri dari ovalbumin, conalbumin atau ovotransferin,  ovomucin, aviudin, Ovo globulin, ovoinhibitor dan flavoprotein Selain itu putih telur juga mengandung asam amino.

dari tabel komposisi asam amino terlihat bahwa Putri telur memiliki asam amino esensial yang ideal nyaris sempurna memenuhi kebutuhan tubuh tidak heran bila telur dijadikan sebagai tolak ukur bagi sumber protein lainnya.

Kandungan vitamin putih telur bervariasi tergantung pada jenis makanan yang diberikan pada ternak.
Vitamin larut lemak seperti A D E dan K tidak terdapat pada putih telur di dalam putih telur hanya terdapat vitamin larut air yaitu vitamin B dan tidak mengandung vitamin C.
Putih telur merupakan sumber mineral yang sangat istimewa dan lengkap mineral tersebut antara lain zat besi fosfor kalsium sodium dan magnesium.
Sama halnya dengan vitamin, tinggi rendahnya kandungan masing-masing mineral dipengaruhi oleh pakan ternak yang diberikan.
Selain zat gizi ternyata putih telur juga mengandung zat-zat anti gizi Dan Racun diantaranya avidin flavoprotein dan sebagainya, zat-zat tersebut dapat menghambat penyerapan vitamin bahkan berpotensi racun bila dikonsumsi banyak dan tidak dimasak masakan putih telur akan mematikan racun.

Manfaat putih telur tidak usah diragukan lagi selain dapat digunakan dalam berbagai olahan masakan dan kue putih telur juga bermanfaat bagi kesehatan Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan pada putih telur di antaranya.

Meningkatkan kesehatan dan kesuburan rambut.
Putih telur merupakan sumber protein yang cukup tinggi, bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.
Pertumbuhan dan kesuburan rambut dipengaruhi oleh berbagai zat gizi seperti protein, zat besi, biotin, folat, seng dan lain-lain.
Protein merupakan nutrisi yang sangat penting karena merupakan zat pembangun sel tubuh, termasuk sel-sel rambut sehingga ketersediaannya harus cukup untuk proses regenarasi rambut.

Kandungan zat besi putih telur juga tinggi, berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Sel darah merah sangat penting untuk transportasi zat-zat makanan ke seluruh tubuh termasuk rambut. Dengan suplai zat gizi yang cukup pertumbuhan dan kesehatan rambut akan terjaga. Kebutuhan zat besi normal 18 mg per hari.

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau anda bisa menggunakan putih telur sebagai masker rambut secara rutin.



Menjaga kelembaban dan kekencangan kulit
Putih telur mengandung kadar air yang cukup tinggi sekitar 78% dan berbentuk gel.
Dalam keadaan kering gel menyebabkan menyejukkan kulit.
Air berperan sebagai alat angkut zat-zat gizi dalam tubuh, menghilangkan deposit deposit lemak yang bertumpuk, katalisator dan pelumas masuk ke dalam sel-sel kulit.
Dengan ketersediaan air yang cukup kulit akan senantiasa segar, lembab, dan kencang.


Menjaga keremajaan kulit
Sebagai sel hidup, kulit membutuhkan berbagai zat gizi untuk melakukan proses regenarasi.
Mineral penting yang berperan dalam proses regenarasi sel yaitu potasium.
Putih telur merupakan sumber yang baik dari potasium.
Di dalam sel potasium berperan sebagai katalisator dalam banyak reaksi biologik, terutama dalam metabolisme energi dan sintesis protein.
Protein merupakan zat pembangun sel dan memperbaiki sel yang rusak.
Dengan adanya potasium, sintesis protein dapat berlangsung dengan baik dan sel-sel kulit akan dapat melakukan proses regenarasi dengan baik.

Gunakan putih telur sebagai masker alami, agar kulit wajah halus, tidak kusam, dan kelembaban nya senantiasa terjaga lakukan dengan rutin.

Demikian sedikit penjelasan mengenai manfaat putih telur bagi kecantikan Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua resep ibu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan gizi pada putih telur serta manfaatnya bagi kecantikan, semua resep ibu"