Manfaat bermain bagi anak-anak | Semua resep ibu

Bermain tidak sekedar menghabiskan waktu luang.
Bermain merupakan kegiatan yang kerap dibatasi oleh orangtua terhadap anak. Kegiatan tersebut sering dianggap tidak bermanfaat, buang-buang waktu serta bisa membuat anak terluka dan kotor.

Padahal, bermain merupakan hal yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan anak. Manfaatnya pun tidak hanya dirasakan dalam jangka pendek, tapi juga jangka panjang.


“ Banyak penelitian dan nasihat dari para ahli yang menyatakan bahwa ternyata main itu bisa memberi banyak manfaat yang bahkan nggak diajarkan di sekolah saat anak mengejar nilai akademis,” kata Anna Surti Ariani, Psikolog Anak dan Keluarga dalam webinar Paddle Pop #MainYuk di Rumah, Rabu 22 Juli 2020.


Manfaat bermain secara rutin bagi anak
Saat bermain, anak bisa memperkaya wawasan dalam mencari solusi, meningkatkan rasa keberhasilan, kepercayaan diri, mengisi waktu luang serta melatih motorik kasar maupun halus.

Dua manfaat lainnya yang didapatkan saat bermain adalah coping problems dan coping stress. Anak akan lebih mudah memecahkan masalah, mencari solusi serta mengatasi stres.

“ Anak itu nggak happy terus setiap hari. Kadang, mereka kangen sama teman atau kesal karena dimarahi orangtua. Kalau ketika bermain, dia bisa melampiaskan emosinya, itu akan jadi proses yang sangat sehat”.


Orang dewasa juga butuh bermain
Ia menambahkan bahwa bermain bukan kegiatan yang hanya diperuntukkan bagi anak-anak, tapi iuga orang dewasa.

“ Kita perlu menyadari, tumbuh kembang itu proses yang panjang. Jadi, untuk usia berapapun itu perlu main, karena banyak manfaatnya seperti mampu mengatasi masalah,” imbuhnya.

Dengan bermain, anak akan belajar menghadapi masalah yang bisa membuatnya lebih siap untuk menghadapi masa depan.

“ Anak bukan cuma pintar secara akademis, tapi juga memiliki karakter kuat, kreatif serta memiliki kemampuan bersosialisasi. Makanya, orangtua perlu menyediakan waktu bermain anak setiap hari,” tutupnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua resep ibu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat bermain bagi anak-anak | Semua resep ibu"