Kebiasaan baik yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh

Imunitas atau kekebalan adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas, organisme akan melindungi tubuh dari infeksi, bakteri, virus sampai cacing parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi seperti biasa.

 




Banyak sekali cara untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita, selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan vitamin C, ada beberapa kebiasaan baik yang dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita, diantaranya;

1. Mandi diwaktu subuh / sebelum matahari terbit.                                                            
Menurut beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mandi pagi dapat meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. selain itu manfaat lain dari mandi diwaktu subuh/sebelum matahari terbit adalah dapat meningkatkan gerakan limfatik. Sistem limfatik merupakan sistem yang berperan untuk mengangkut sel darah putih untuk melawan infeksi, yaitu proses yang bergantung pada kontraksi otot. Mandi pagi dapat mendorong terjadinya kontraksi tersebut dan membantu kerja sistem limfatik.

2. minum air putih dipagi hari, ketika perut dalam keadaan kosong.
Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh. Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.

Air di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Dengan menghidrasi tubuh, bisa memaksimalkan fungsi tubuh Anda dalam seharian, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah infeksi.

Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernan kita. Dengan meminum air dalam keadaan perut kosong, kita membantu memurnikan usus kembali dan membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang masuk berikutnya. 

Saat Anda merasa lemas, pusing dan anemia, ada baiknya minum air dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, kita bisa membantu tubuh membentuk sel darah yang baru dan membantu pembentukan sel otot. Selain itu Mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal sekaligus menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

3. Tidur dalam keadaan gelap

Melatonin adalah hormon yang mempunyai peranan penting untuk mengontrol siklus sirkadian alias siklus bangun-tidur. Hormon ini diproduksi oleh bagian kelenjar pineal di dalam otak. Produksi melatonin ini distimulasi oleh gelap dan kemudian ditekan oleh cahaya yang terang. 

Secara normal, otak kita akan memproduksi melatonin tiap hari dan puncaknya produksinya terjadi di malam hari pada pukul 9 hingga 10 malam, inilah yang dapat membuat Andajadi mengantuk. Produksi melatonin ini terus terjadi secara regular untuk dapat membuat siklus tidur Anda jadi teratur.
 

Cahaya yang cukup terang tidak hanya dapat menekan produksi melatonin, namun juga akan mampu membuat otak Anda tetap bekerja sehingga akan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Sumber cahaya yang dimaksud disini bukan hanya yang bersumber dari lampu ruangan saja, namun juga termasuk cahaya TV, layar komputer, hand phone, bahkan cahaya dari jam digital. 

Tidur dalam kondisi ruangan yang terang akan menekan kadar melatonin yang ada di dalam darah hingga lebih dari 50%.
Tidur malam di dalam kamar yang benar-benar gelap akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Ahli biologi yang bernama Joan Robert mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika benar-benar tidak ada cahaya.Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh, yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Sayangnya, hormon melatonin ini tidak akan muncul apabila seseorang tidur di malam hari dalam keadaan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar walaupun sedikit, maka membuat produksi hormon melatonin akan berhenti.Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, maka dapat menghemat banyak energi sekaligus juga meningkatkan kesehatan tubuh.

Untuk itu jika ada orang-orang yang tidur malam sambil menonton TV, maka ini adalah hal yang buruk.


Baca juga




3 kebiasaan baik yang dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sangat mudah dan tidak memerlukan biaya dan teknik khusus untuk melakukan kebiasaan tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebiasaan baik yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh"