Manfaat ketimun bagi kesehatan

Manfaat ketimun bagi kesehatan, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memaparkan beberapa manfaat ketimun bagi kesehatan. Ketimun sangat mudah dijumpai dipasar ataupun di super market dengan harga yang relatif terjangkau, rugi jika Anda tidak memasukkan mentimun dalam menu harian Anda, berikut beberapa manfaat ketimun bagi kesehatan.

Menghilangkan racun dalam tubuh
Kadar air yang melimpah hampir 95%  pada ketimun mampu membuang racun dalam tubuh lewat urine dan keringat ketika kits melakukan aktivitas harian.

Penangkal kanker
Ketimun mempunyai 3 kandungan lignan (lariciriresinol, pinoresinol, sicoisolariciresinol)  yang mampu melawan sel-sel kanker yang mengancam seperti kanker payudara, kanker rahim, dan kanker prostat.

Meningkatkan sistem imun tubuh
Hal ini dikarenakan ketimun mengandung vitamin C yang terbukti mampu meningkatkan daya tahan dalam tubuh.

Bermanfaat bagi penderita diabetes
Ketimun mempunyai sebuah hormon untuk menghasilkan insulin yang sangat dibutuhkan oleh pankreas, ketimun sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Bermanfaat bagi kesehatan gigi dan gusi  serta mencegah bau mulut
karena ketimun mengandung vitamin C yang cukup tinggi Maka sangat bermanfaat bagi kesehatan gusi anda. sifat kimia yang terkandung pada ketimun mentah dapat mematikan bakteri penyebab bau mulut dan jika dikonsumsi dalam keadaan mentah maka akan bermanfaat untuk menghasilkan air liur yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri dalam mulut.

Memperkuat tulang
Dalam ketimun mengandung vitamin k yang berfungsi untuk mempromosikan aktivitas orthropic, ketimun mengandung silika yang berfungsi untuk memperkuat jaringan ikat pada persendian tulang.

Memperlancar pencernaaan
Kandungan air dan serat yang tinggi pada kulit ketimun sehingga sangat membantu lambung dalam mencerna makanan dan dapat membersihkan (detoksifikasi) dalam usus, juga beemanfaat mengatasi sembelit.

Itu tadi beberapa manfaat yang dapat diambil pada ketimun jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi ketimun dalam kehidupan sehari-hari. selain dapat dijadikan makanan berikut ini saya akan membagikan resep minuman yang berbahan dasar ketimun.




Es ketimun jeruk nipis
Bahan
1 buah mentimun
1 sendok teh jeruk nipis
Gula pasir sesuai selera
600 ml air putih matang

Cara membuat
Cuci bersih ketimun, kemudian serut memanjang.
Aduk gula pasir dengan air matang sampai gula larut kemudian masukkan ketimun serut dan jeruk nipis, tambahkan es batu.
Es ketimun jeruk nipis siap disajikan.




Subscribe to receive free email updates: