Solusi pada donat atau roti, Ketika ragi yang kita gunakan telah mati | Semua resep ibu

Assalamualaikum pada postingan kali ini saya akan membagikan postingan akun Facebook Imam Abu Salman, dalam postingan beliau, mengajarkan pada kita dalam mengatasi masalah ketika ragi yang telah  kita campurkan pada adonan ternyata tidak berfungsi atau ragi tersebut telah mati.

Berikut ini saya sertakan foto serta sc postingan beliau.





Jam 8 pagi tadi saya mulai ngadon 1kg untuk bikin donat.
Proses mixing berjalan lancar, adonan kalis sempurna dan suhu adonan kalis 29,7°C.
Lanjut proses nimbang dan rounding...
Semua lancar...
Lalu masuk ke proofing awal, adonan saya tutup plastik lalu saya tinggal.
Selang 1 jam kemudian saya masuk ke dapur lagi...
Nahhh.... Adonan gak ngembang... 😄
Saya cek raginya, masa expired masih 4 bulan lagi.
Lalu saya test ragi dg larutan gula...
Dan bener....
Ternyata raginya yg bermasalah, udah 40 menit gak ngembang...
Fix, masalahnya ada di ragi....

Nah...
Gimana solusinya ??
Saya minta anak saya utk beli ragi yg baru...
Kemudian saya test dulu, kualitas raginya dg larutan gula...
Alhamdulillah, bagus... 👍
Saya bikin lagi 1kg adonan baru...
Lalu, gimana nasib adonan yg tidak mengembang tadi ??
Dibuang kah ??
Tidak donk, sayang dibuang... 

Disini solusinya...
Campurkan semua adonan yg tidak ngembang tadi ke adonan baru. 
Tentunya adonan baru tadi saya lebihkan takaran raginya.
Yang harusnya 24gr (utk 2kg terigu) jadi 19gr.
Mengapa tidak 24gr ?
Supaya kecepatan fermentasi ragi melambat, sehingga kecepatan kerja saya bisa mengimbangi kecepatan kerja ragi.

Kalau kita faham basic ilmunya, tentu faham mengapa begitu... 😊

Akhirnya adonan terselamatkan semua.
Dan sekarang baru masuk proses proofing pertama.

Pict  :  Ragi yg bagus kualitasnya. Dalam waktu 7-10 menit akan mengembang minimal 3x lipat.

Mau belajar donat lebih detail dan mendalam ?
wa.me/628558883839
🙏 😊 🙏


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi pada donat atau roti, Ketika ragi yang kita gunakan telah mati | Semua resep ibu"