Ikan Kembung Balado | Semua resep ibu

Cerita di balik ikan ini panjang, skip aja g penting amat sebenarnya. Sebenarnya gak tahu nama ikan ini apaan, tapi karena di cookpad pas eyke ketik ikan balado muncul ikan ini namanya ikan Kembung yawda eyke judulin itu. Btw ini sampe eyke gak tahu namanya karena ikan ini tuch dapet dari bapaknya anak - anak mancing di bawah indahnya Suramadu, di atas perahu kecil 🤣. 
Karena eyke jagoan masak air dan goreng tahu, ikan di masak goreng melulu karena tekstur ikannya yang sebenarnya lebih ke tawar dan biasa ikan ini kalo di pasar di asinin, jadi pas dapat buanyak bgt eyke kasihin tuch ke bude terus beliau blg di bumbu Bali aja dan karena eyke g suka bumbu Bali akhirnya eyke keidean gitu buat dibaladoin aja. Dan ternyata jauh Lbh bisa di makan di banding cuma di goreng. 

 #ikanbalado #baladoinaja let's cooking now ... misal kalo temen-temen punya stok bumbu dasar merah, itu bisa di pakai ntar wkip aja bagian bawang - bawangannya ... Porsi : 3 Orang Time to cook : 30 menit without preparation Bahan - bahan : 3 buah ikan kembung ukuran sedang bumbu untuk marinasi satu siung bawang putih seuprit kunyit seuprit ketumbar seuprit garam (ini maksud nya secukupnya sekura cukup gitu buat jadi bumbu marinasi, atau kalo ribet beli bumbu marinasi ikan goreng ajalah) 


Ikan kembung balado




Bumbu yang dihaluskan
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabe keriting
  • 10 buah cabe rawit ( atau sesuaikan selera) lengkuas 
  • daun jeruk
  • daun salam 
  • 1/2 buah tomat

 Cara masak :
  1. Buat bumbu marinasi, ulek kasar bumbu - bumbu marinasi berikan air kemudian marinasi ikan kembungbiarkan ourang lebih 15 menit - 30 menit.
  2. Goreng ikan kembung dengan api sedang sampai kering, kalo saya lebih ke setengah kering kayak uda keliatan krispy gitu aja.
  3. Blender atau ulek bawang - bawangan dan cabe - cabean (saya cabe rawitnya ulek kasar)
  4. Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan lengkuas dan daun - daunan. Setelah harum tambahkan cabe yang di ulek kasar yang uda fi tambahin air.
  5. Masukkan ikan kembung dan biarkan air menyusut. Tambahkan irisan tomat untuk memberikan acidity, kalo gak suka skip aja.
  6. Sajikan dengan nasi hangat dan sayuran pilihanmu, saya dengan acar sayuran aslinya gak kawin tapi enak menurut saya 🤣🤣.

 penulis : cymbopogonnardus

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Kembung Balado | Semua resep ibu"