Donat ubi jalar

Donat ubi jalar

Siapa yang tidak mengenal donat. Jajanan yang berbahan dasar roti berbentuk bulat yang mempunyai lubang di bagian tengahnya. Dengan tambahan topping di bagian atas donat akan menambah cita rasa yang dimiliki oleh donat dan mempercantik tampilan donat.

Untuk kesempatan kali ini saya akan menuliskan resep dan cara pembuatan donat ubi jalar. Kenapa harus ubi jalar?. Ubi jalar sangat sering kita jumpai dan mudah sekali didapatakannya, selain itu memiliki harga yang cukup terjangkau. Apapun jenis ubi jalar dapat kita tambahkan dalam pembuatan donat ubi jalar ini. Apalagi jika Anda menggunakan ubi jalar ungu, bisa dipastikan warna donat Anda akan lebih cantik dan tentunya akan lebih sehat karena tidak menggunakan pewarna maknan. 

Jangan tanya soal rasa, gak akan kalah dengan donat yang lainnya. Hanya saja dalam kesempatan kali ini donat ubi jalar yang saya buat belum sempat diberi topping sudah habis dimakan sama pasukan kecil saya. Sangat mudah dalam pembuatan donat ubi jalar ini cukup dengan mencampur semua adonan. Berikut ini resep dan cara pembuatan donat ubi jalar ini.

Donat ubi jalar








 









Bahan donat ubi jalar
  • 200 gram tepung trigu
  • 150 gram ubi jalar atau ketela
  • 30 gram atau 1 sendok makan margarin
  • 3 sendok makan gula pasir, jika ingin terasa manis boleh ditambah
  • 1 butir telur
  • 3 - 5 sendok makan air
  • 1 sendok teh peres ragi instan atau pernifan
Cara membuat donat ubi jalar 

  1. Campur tepung terigu dan ragi instan aduk rata, sisihkan.
  2. Ubi jalar dikukus atau direbus atau digoreng kemudian dihaluskan, sisihkan.
  3. kocok mentega, telur dan gula kocok hingga rata dan gula larut, masukkan ubi jalar yang telah dihaluskan aduk rata kembali.
  4. Masukkan campuran tepung terigu kedalam adonan aduk rata atau uleni sampai rata, tambahkan sedikit demi sedikit air.
  5. Uleni adonan sampai kalis dan tidak lengket di tangan, diamkan adonan kurang lebih 30 menit. Tutup adonan menggunakan kain bersih selama proses fermentasi (mendiamkan adonan)
  6. Setelah 30 menit bentuk adonan, Anda dapat menimbang adonan agar semua donat berukuran sama.
  7. Diamkan kembali adonan selama kurang lebih 30 menit. Jangan lupa untuk menutup adonan.
  8. Goreng adonan dengan api sedang cenderung kecil agar tidak mudah gosong. Usahakan tidak membalik - balik adonan selama proses penggorengan agar tidak menyerap minyak.
  9. Angkat donat jika sudah menguning keemasan dan sajikan dengan menambahkan topping diatasnya.
Perlu diketahui saat proses fermentasi adonan tidak terlihat begitu mengembang dan naik. Adonan akan terlihat naik dan mengembang ketika dalam proses penggorengan. Dalam membentuk adonan Anda dapat menggunakan cetakan donat agar lebih rapi. Tapi jika Anda lebih telaten dalam membentuk donat sendiri, donat ubi jalar yang Anda buat akan terlihat lebih cantik. Anda dapat mengganti ubi jalar dengan kentang atau labu kuning. Demikian resep donat ubi jalar dari saya. Slamat mencoba dan happy baking.

Subscribe to receive free email updates: