Manfaat santan bagi kesehatan dan kecantikan rambut | Semua resep ibu

Selain digunakan untuk memasak santan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut kita. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut ke salon, cukup aplikasikan santan ke rambut Anda secara teratur niscaya rambut Anda akan terlihat lebih indah alami. 



Berikut ini sedikit penjelasan tantang manfaat santan bagi kesehatan rambut kita.
1. Mengatasi rambut yang rusak
Jika Anda memiliki rambut yang bercabang, mudah patah ataupun kusam, gunakan air perasan kelapa/santan kental untuk memijat kulit kepala Anda, lakukan pemijatan di daerah kulit kepala kurang lebih 10-15 menit agar sirkulasi darah di daerah tersebut lancar, jika aliran darah lancar maka nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dapat terserap dengan sempurna. Semantara itu minyaki seluruh bagian rambut dengan santan dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, sesudah itu cuci rambut Anda dengan shampo dan bilas sampai bersih. Lakukan hal ini dengan rutin 2-3 kali dalam seminggu. Kandungan minyak dan protein yang terdapat pada santan akan sangat membantu dalam menutrisi rambut Anda.           

2. Melembutkan dan melembabkan rambut yang kering
Gunakan santan kental sebagai conditioner alami, aplikasikan santan kental sesudah Anda menggunakan shampo/keramas, usapkan rata ke seluruh rambut diamkan selama 2-3 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Kandungan minyak yang terdapat dalam santan akan membantu melembabkan dan melembutkan rambut yang kering.


3. Mengatasi ketombe 
Ketombe bisa disebabkan karena pengelupasan kulit kepala yang dipicu karena bakteri dan jamur yang disebabkan ketidakseimbangan pH pada kulit kepala. Santan dapat memberikan sensasi dingin pada kulit kepala. Dan pH-nya yang mendekati pH alami kulit kepala membuat santan bisa mengembalikan keseimbangan pH di kulit kepala yang terganggu karena kontaminasi bahan kimia dalam produk perawatan rambut atau bakteri. Gunakan santan seperti Anda menggunakannya untuk mengtasi rambut rusak.

4. Menyuburkan rambut
Dalam santan mengandug protein dan minyak esensial yang diperlukan rambut dan kulit kepala agar kesehatannya terjaga. Kulit kepala yang sehat akan mampu membuat akar rambut menjadi lebih sehat sehingga tidak mudah rontok. Kandungan protein yang terdaat pada santan mampu merangsang perumbuhan rambut yang baru. Untuk menyuburkan rambut gunakan santan kental untuk creambath, aplikasikan santan kental pada rambut dan lakukan pijatan pada kulit kepala Anda selama 15 menit agar sirkulasi darah lancar dan semua nutrisi dapat terserap sempurna, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan hal ini dengan teratur.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat santan untuk rambut Anda, lakukan perawatan santan dengan teratur, sedikitnya 2-3 kali dalam seminggu. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat santan bagi kesehatan dan kecantikan rambut | Semua resep ibu"