Brwonies kukus mekar / Bolu kukus mekar Coklat | Semua resep ibu

 Bolu kukus mekar coklat

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam membuat bolu kukus mekar Coklat tanpa menggunakan air soda, dahulu saya fikir air sodalah yang membuat bolu kukus dapat mekar dengan begitu cantik ternyata anggapan saya tadi tidaklah 100% benar.

Yang membuat bolu kukus mekar tanpa air soda, dapat mekar dengan sempurna adalah uap panas maksimal yang terjadi saat proses pengukusan berlangsung dan penggunaan cake emusilfer yang tepat, dalam hal ini saya biasa menggunakan  sp, penggunaan cake emusilfer (sp) yang tepat dapat dilihat ketika dalam proses mixing/pengocokan adonan, adonan akan telihat begitu putih dan mengental, jika ketika dalam proses pengocokan adonan belum memutih dan mengental kita bisa menambahkan cake emusilfer / sp kedalam adonan yang sedang kita kocok.

Dalam proses pengocokan bolu kukus mekar coklat hendaklah kita menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi agar adonan yang dihasilkan dapat mengembang sempurna. Waktu yang diperlukan untuk mengocokan adonan bolu kukus mekar coklat kurang lebih 20 menit sampai 25 menit, jika adonan telah mengental barulah adonan tadi kita kukus dengan api besar.

kukusan haruslah sudah dipanaskan terlebih  dahulu dan yang perlu diperhatikan adalah waktu pengukusan haruslah  tepat minimal waktu yang dipergunakan untuk mengukus adalah 15 menit atau lebih dan jangan dibuka-buka ketika bolu sedang dikukus, jika waktu pengukusan kurang biasanya hal yang terjadi adalah bolu akan turun / mingsep (dalam bahasa jawa) jika bolu diangkat dari kukusan.


Resep bolu kukus mekar coklat
Bahan 
200 gram gula pasir
2  butir telur ayam
180 ml susu cair coklat
200 gram tepung terigu
20 gram coklat  bubuk
1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok makan sp (cake emusilfer)
Choco chips  secukupnya


Cara membuat Brownies kukus mekar / Bolu kukus mekar coklat
  1. Siapkan kukusan dan panaskan. Campur semua bahan menjadi satu kecuali choco chips kocok dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi sampai adonan mengembang dan mengental.
  2. Jika adonan belum mengembang dan mengental bisa jadi sp (cake emusilfer) yang Anda gunakan kurang, Anda bisa menambahkan sedikit lagi dan mixer lagi sampai adonan mengembang. Masukkan choco chips kedalam adonan aduk rata.
  3. Siapkan cetakan bolu kukus yang sudah diberi paper cup di dalamnya.
  4. Masukkan adonan sampai penuh kemudian kukus menggunakan api  besar selama 15 - 20 menit.
  5. Selama  proses pengukusan jangan sekali - kali membuka tutup  pengukusan agar bolu dapat mekar dengan sempurna.


Pertama mencoba resep ini  saya tidak menyangka hasilnya begitu memuaskan. Untuk melihat resep bolu kukus mekar tanpa air soda dapat dilihat di sini, selamat mencoba san happy baking.

Subscribe to receive free email updates: